TERNYATA JADWAL MENSTRUASI BARENG SAHABAT ADA PENELITIANNYA!

Siklus menstruasi yang berubah menjadi berdekatan dengan sahabat sendiri adalah hal yang lumrah terjadi. 

Jadi, kalau kita perhatikan secara gak sadar kita punya siklus menstruasi yang berdekatan sama sahabat atau orang terdekat. Apakah itu sebuah kebetulan atau emang ada penjelasan ilmiahnya? 

Menstrual synchrony

Menstrual synchrony adalah keadaan seseorang bisa mengalami siklus menstruasi yang sama dengan perempuan lain yang sedang dekat dan menghabiskan banyak waktu dengannya. Itulah mengapa kejadian ini sering terjadi pada kakak-adik atau sahabat. 

Penelitian di tahun 1971

Dikutip dari website Elite Daily, Shepherd, seorang dokter ahli organ intim, mengemukakan bahwa paham tersebut terbentuk sejak adanya penelitian yang dilakukan oleh Nature di tahun 1971. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 135 perempuan dan riwayat siklus menstruasi mereka. Puluhan tahun paham ini dipercayai banyak orang, bahkan di tahun 1999 sebuah studi mengungkapan bahwa 80% wanita percaya dan 70% lainnya tidak merasa terganggu dengan kemungkinan tersebut.

Namun...

Dampak dari penelitian tersebut adalah munculnya studi-studi lain yang membuktikan kebenaran penelitian tersebut. Ternyata hasilnya malah berkebalikan, yaitu banyak ditemukan hasil studi yang tidak konsisten merujuk pada penelitian tahun 1971. Studi terbaru adalah hasil kolaborasi antara Clue dan Oxford University, menunjukkan bahwa stigma tersebut salah. Mereka melakukan studi tersebut terhadap 1500 perempuan yang kemudian disempitkan menjadi 360 pasang. Mereka menganalisis 3 siklus menstruasi pada setiap pasang secara berturut-turut dan hasilnya 273 pasang memiliki perbedaan siklus yang cukup signifikan dari awal hingga akhir masa menstruasi.

Mitos atau fakta siklus menstruasi?

Meski dilakukan berdasarkan riset, namun fenomena ini belum didukung oleh data yang pasti. Hal ini diungkapkan oleh peneliti lain asal California, Jeffrey Schank. Di dalam temuannya, ia membeberkan bahwa fenomena siklus menstruasi yang terjadi bersamaan bisa jadi sekadar kebetulan. Hal ini disebabkan adanya perubahan kecil di tiap siklus menstruasi pada seorang wanita, baik sebelum maupun sesudah menstruasi yang menyebabkan ketidakmungkinan dua orang wanita memiliki siklus yang serupa dalam jangka waktu yang lama. Temuan ini juga didukung oleh Alyssa Dweck, seorang dokter kandungan di Mount Kisco Medical Group seperti dilansir dari Majalah Women’s Health yang menyatakan bahwa dua wanita yang memiliki siklus menstruasi berdekatan bukanlah hal aneh, namun penelitian lanjutan masih dibutuhkan. Meski sulit untuk membuktikan temuan ini, Alyssa Dweck menyetujui bahwa dua wanita yang tinggal atau kerap menghabiskan waktu bersama-sama dapat memiliki rutinitas yang serupa. Mulai dari diet, jadwal olahraga, siklus tidur, hingga problema yang mirip. Faktor-faktor inilah yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi seseorang.

Lalu apakah penyebab dari menstrual synchrony?

Dilansir dari theguardian.com, ilmuwan Maria Vlajic menyebutkan bahwa fenomena menstrual synchrony tidak dibenarkan secara ilmiah. Ia menyebutkan hal tersebut wajar terjadi dilihat dari perhitungan matematika yang terus berulang pada siklus menstruasi seorang perempuan tiap bulannya.

Jadi, mungkin saja siklus menstruasi kita bisa barengan dengan teman, tapi hal tersebut bisa dipastikan tidak akan bertahan lama karena kita punya hitungan siklus yang berbeda-beda. Akan tetapi, memiliki teman saat sedang melewati masa-masa PMS atau menstruasi tampaknya bukan hal yang buruk. 

Pertiwi, Salsabilla Putri. 2020. Kok Bisa Bareng?  Retrieved from https://cewekbanget.grid.id/read/062395744/siklus-menstruasi-sering-barengan-dengan-sahabat-kok-bisa-ya?page=3


Comments

Popular Posts