SETIA, BERANI, JUJUR MENJADI PEDOMAN HIDUP HUA MULAN SAJA? KAMU JUGA BISA!

 
Film yang ditunggu-tunggu tahun ini sudah resmi tayang di layanan streaming. Akhirnya ya bund, setelah mengalami penundaan cukup lama. Meskipun mengusung genre action tanpa lagu-lagu khas Disney dan hilangnya beberapa karakter (sedih!), film Mulan ternyata mempunyai makna tersirat yang dapat dijadikan pelajaran di kehidupan sehari-hari. 

Spoiler alert!

Sinopsis

Hua Mulan, seorang gadis yang memutuskan untuk ikut wajib militer di zaman kekaisaran China. Demi menggantikan posisi ayahnya yang harus berperang dalam usia senjanya, maka ia menyamar menjadi seorang laki-laki dan mengikuti berbagai latihan tempur. Latihan tersebut bertujuan untuk melawan musuhnya.

1. Kasih sayang tak terukur untuk pacar keluarga

Hal itu dibuktikan dengan pengorbanan ayah Mulan pergi menuntaskan kewajiban wajib militernya meskipun sedang sakit, demi melindungi keluarganya. Sebelumnya ia tetap mengikuti keinginan orang tuanya untuk pergi ke tempat perjodohan, walau kejadian tak sesuai yang diharapkan. Selain menunjukkan tentang pengorbanan orang tua dan kasih sayang, Mulan juga berperan sebagai karakter kasih sayang seorang anak tidak kalah besar untuk keluarga. Mulanpun berupaya menyamar menjadi seorang pria untuk menggantikan ayahnya terjun ke medan perang. Dan orang tuanya tetap mendoakan anaknya.

2. Menghargai

Menjadi seorang prajurit perang ternyata membawa Mulan bertemu banyak orang. Tidak jarang juga ada yang memandang rendah kemampuan Mulan dan membencinya. Namun, sikap jahat tersebut tidak pernah dibalas oleh Mulan. Mulan tetap menghargai orang-orang di sekitar dan bersikap baik. Hal itu dilakukannya karena paham akan peran penting orang sekitar di dalam hidupnya. Selain itu Mulan juga merasa bahwa keberadaan orang lain patut dihargai.

3. Pantang menyerah

Walau tantangan yang harus diselesaikan semakin sulit, namun ia tetap terus berlatih. Keputusan tersebut pun telah membawa Mulan mencapai keberhasilan karena selalu berusaha menjadi lebih baik. Akhirnya Mulan dapat mengalahkan musuh, dan dinobatkan sebagai salah satu prajurit kategori terbaik. Bahkan teman dan gurunya yang pernah meragukannya, berbalik mendukungnya.

4. Dengarkan kata hatimu

Keputusan Mulan untuk menyamar menjadi prajurit laki-laki sangatlah berliku. Namun, ia tetap bersikeras untuk tetap melakukannya demi kebaikan keluarga. Hal itu menunjukkan bahwa tidak ada salahnya mengikuti kata hati, selagi orang lain tidak dirugikan. Kemudian, Mulan tidak ragu untuk mengakui jati dirinya, walaupun ia harus kehilangan nyawanya.

Beberapa pesan menarik

1. Tentang kesetaran

Film Mulan mengajarkan bahwa sebenarnya setiap orang berhak untuk melakukan suatu hal sesuai keinginan, tanpa memandang batasan gender. Perempuan bisa menjadi se
orang ksatria tangguh dan melindungi orang-orang sekitar. 

2. Cinta tak selamanya menjadi pusat hidupmu

Bila Mulan versi 1998, prajurit lelaki menjadi kekasih Mulan. Namun di versi yang terbaru, mereka tetap berteman. Dalam kedua versi, Mulan tetap kembali ke keluarganya yang tetap setia padanya. Ini membuktikan bahwa cinta belum tentu yang membuatmu bahagia, keluarga.  

Simak trailer berikut

Oleh: Monica Horezki

Sumber: 
Monna, Ti. 2020. Mulan. Retrieved from https://blog.amartha.com/5-pelajaran-yang-bisa-diambil-dari-film-mulan/

Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts