SOLUSI BIAR GAK OVERTHINKING LAGI

Kita mengenal overthinking melibatkan pemikiran berulang dan berlebih yang bisa mengganggu aktivitas mental. Definisi klinis dari proses overthinking menurut American Psychological Association, hal ini dikategorikan sebagai pemikiran obsesif yang melibatkan pikiran repetitif dan berlebih yang mengganggu bentuk lain dari aktivitas mental.

Mengapa overthinking?

Kita justru jarang overthinking tentang betapa indahnya hidup kita. Seringkali, overthinking bermula dari ketakutan kita terhadap sesuatu yang tak kita ketahui, Dari sana, pikiran itu menjadi tak terkendali dan bisa mengganggu kamu menuntaskan suatu kegiatan. Dan ketika pikian-pikiran itu sampai membuat kamu tak bisa mengerjakan atau menikmati tugas harian, maka itulah yang disebut overthinking. Karena manusia takut pada hal yang tak bisa mereka kontrol, yang ternyata berlaku untuk hampir semua hal, kita cenderung overthink demi bisa merasa aman, sebagai hasilnya, kita bisa secara obsesif memikirkan tentang semua hal.

Apakah overthinking adalah gejala dari kecemasan?

Jika overthinking-mu kerap hadir tanpa pemicu eksternal yang jelas, semisal pernah ada teman yang menyebutmu “kasar”, maka mungkin inilah gejala dari kecemasan didiagnosis.

Apa yang bisa kulakukan?

  • Diamlah selama beberapa detik. Hentikan apapun yang sedang kamu kerjakan, tutup mata, dan fokus pada napas tanpa mengubahnya. Apakah napas kamu cepat? Apakah napas kamu pendek? Lalu rasakan sensasi fisik, seperti bahu yang kaku atau perut yang tegang. Saat pikiran dan perasaan negatif bermunculan, cobalah melihat semuanya secara objektif. Lanjutkan bernapas secara normal, observasi pikiran-pikiran kamu sampai kamu merasa cukup mantap untuk membuka mata dan melanjutkan semua pekerjaan yang perlu dilakukan.
  • Gunakan kalimat afirmasi positif. Jika pikiran kamu terus berputar ke apapun yang membuat kamu overthinking, pilih mantra yang encouraging untuk diulang ke diri sendiri saat pikiran-pikiran tersebut bermunculan. Khawatir tentang ulasan kinerja tahunan dengan bos di minggu depan? Bilang pada diri sendiri, "Aku sudah melakukan yang terbaik" atau "Aku pasti bisa," sampai pikiran positif ini menempel pada otak, sarannya.
  • Alihkan pusat pikiranmu. Berjalan kaki, merajut, bermain sudoku, membaca blog ini. Semakin sedikit kamu berfokus pada kekacauan di dalam pikiranmu, maka semakin sedikit juga kekuatan dari kendalinya terhadapmu.

Secercah harapan untuk menghilangkan overthinking di masa depan

Sekarang setelah kamu tahu caranya untuk menghentikan pikiran tak membantu tersebut, kini yang harus kamu tahu adalah caranya untuk menjadikannya kebiasaanmu agar menghindari overthinking terjadi lagi.

  • Detox digital. Jika pikiran hidup tanpa teknologi seharian penuh membuat kamu panik, maka coba mulai dari detoks selama beberapa jam, dan tingkatkan secara bertahap sampai bisa sehari penuh.
  • Kembali ke alam. Berjalan kaki di sekitar perumahan dengan memakai masker. Bisa memerhatikan warna langit, wewangian dari lingkungan sekitar, dan menyadari kehadiran suara-suara dari sekitar, bisa mereduksi stres, seperti yang tercantum dari riset terbitan International Journal of Environmental Research and Public Health.
  • Lakukan kegiatan fisik (apapun itu) setiap hari. Rebahan mulu pasti bosan, kan? Berolahraga akan memaksamu untuk keluar dari gelembung pikiran kamu dan berfokus pada tubuh, hingga membuat pikiran kamu diizinkan untuk merilis apapun yang sedang terjebak di dalam pikiranmu, seperti endorfin yang memiliki banyak segudang manfaat.
  • Meditasi. Wolanin dan Wilson merekomendasikan para overthinker untuk meraih ketenangan pikiran dan energi positif. Riset seperti studi yang diterbitkan dalam jurnal Social Cognitive and Affective Neuroscience, juga menyarankan bahwa meditasi bisa mereduksi intensitas pikiran.

Oleh: Monica Horezki

Sumber: 
Citta, Givania Diwiya. 2020. Menghilangkan Overthinking. Retrieved from https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2020/22067/simak-ini-9-cara-untuk-menghilangkan-overthinking

Wahidah, Fatin Rohmah Nur. 2018. Cognitive Behavior Therapy. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/6826-23820-1-PB.pdf

Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts