SUKA NGEDRAKOR? ADA MANFAAT POSITIFNYA KOK!


Menonton drama Korea, salah satu aktivitas yang banyak digemari selama karantina mandiri karena memilliki alur cerita menarik. Tidak hanya menghibur, drama Korea ternyata juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental. Tak heran bila drama Korea semakin digemari oleh banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

1. Mengurangi kecemasan
 
Ketika merasa cemas, sulit konsentrasi pasti dirasakan. Rasa cemas juga bisa membuat jantung berdebar kencang dan menyebabkan otot tubuh terasa kaku serta tegang. Hal ini tentu membuat merasa tidak nyaman.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas tersebut adalah dengan melakukan relaksasi. Ada beragam bentuk relaksasi yang dapat dilakukan, dan salah satunya adalah menonton televisi atau tayangan hiburan, seperti drama Korea.

Bahkan, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa menonton film atau drama bisa membuat orang yang akan menjalani tindakan medis tertentu cenderung merasa lebih tenang dan tidak merasa cemas. 

2. Meredakan stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh setiap orang. Namun, jika stres sudah membuat merasa terganggu, cobalah untuk istirahat sejenak. Saat menonton suatu tayangan hiburan, misalnya drama Korea, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin alias hormoon kebahagiaan. Kedua hormon tersebut membuat suasana hati  menjadi lebih baik, sehingga strespun berkurang.

3. Melek teknologi

Dengan menonton drama Korea terbaru, penonton dapat mengetahui luncuran produk baru Samsung asal Korea Selatan yang pastinya belum ada di Indonesia. Tak hanya itu, Korea Selatan juga mengadopsi teknologi canggih dalam pembuatan pembuatan dramanya yaitu penggunaan Computer Generated Image (CGI) sebagai efek visual komputer sehingga memberikan efek nyata pada suatu film yang belum banyak digunakan pada film Indonesia.

4. Belajar Bahasa Korea sederhana

Sambil menyelam minum air, menonton drama Korea bisa melatih vocabulary sehingga kita mengerti sedikit demi sedikit arti dari kata atau kalimat yang biasanya digunakan dalam drama Korea seperti Daebak. Jika ingin bisa bahasa Korea, tontonlah drama Korea!

5. Membangun rasa percaya diri
 
Merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan umum atau bertemu orang baru? Cobalah menonton drama Korea atau film dengan tokoh atau karakter yang memiliki masalah serupa. Ketika melihat karakter tersebut berjuang menangani masalah yang dialami dan berhasil mengatasinya, secara tidak langsung membayangkan diri melakukan hal yang sama. Dengan begitu, rasa percaya diri bisa muncul.

6. Edukasi profesi unik

Dalam keseharian mungkin kita sedikit mengetahui tugas dan peran dari beberapa profesi atau bahkan tidak tahu sama sekali. Ini karena banyak dari kita belum paham mengenai hal yang bukan profesinya, dan biasanya peran mengenai hal itu juga tidak disampaikan mendetail di sinetron Indonesia. Sedangkan dalam drama Korea lebih menjelaskan secara detail berbagai profesi secara mendalam sesuai dengan realita. Contohnya jenis obat-obatan dalam dunia kedokteran, sumpah dokter yang harus menyelamatkan nyawa seseorang meskipun dia penjahat, tugas tentara dalam membela negara dan perannya dalam diplomasi antar negara, pasal-pasal mengenai hukum pidana dan perdata, karakteristik barang bukti yang diperbolehkan untuk persidangan. Hal-hal edukatif semacam itu tidak banyak ada dalam sinetron Indonesia dan bahkan tidak ada sama sekali.

7. Melihat masalah dari sudut pandang berbeda

Korea Selatan terkenal dengan standar hidup yang tinggi dengan segala sesuatu harus dinilai sempurna oleh orang lain. Hal itulah yang menyebabkan tingkat stres penduduk Korea sangat tinggi bahkan sampai ada kasus bunuh diri karena masalah 'sepele'. Bagi kita yang belum pernah menderita secara psikologis mungkin akan menganggap itu hal 'sepele', akan tetapi jika dilihat dari sudut pandang lain menyatakan bahwa dia sangat menderita, tertekan, dan hidupnya hancur tiada arti.

Drama Korea di dalamnya menjelaskan berbagai tokoh dengan peran dan karakter yang berbeda serta perbedaan cara pandangan pada suatu masalah. Sebagai contoh tentang kepribadian seorang psikopat yang dengan sadis membunuh orang tak bersalah ternyata menderita dan tersiksa selama masa kecil. Untuk mendeteksi tindakan psikopat itu diperlukan cara pandang psikopat juga.

Itu tadi alasan bahwa menonton drama Korea tidak sepenuhnya berdampak buruk. Namun, hal tersebut juga tidak boleh dijadikan alasan untuk selalu menonton drama Korea secara terus menerus hingga melupakan waktu dan orang di sekitar kita. Menontonlah secara bijaksana dan jadikan menonton drama Korea sebagai hiburan. Selama tidak dilakukan secara berlebihan, sah-sah saja dilakukan.

Oleh: Monica Horezki

Comments

Popular Posts