APAKAH PENTING UNTUK PEE SETELAH BERHUBUNGAN SEKS?

Kamu mungkin mendengarnya jutaan kali dari temanmu bahkan doktermu: selalu buang air kecil setelah berhubungan seks, atau penyakit infeksi saluran kemih mengintaimu. Tetapi menurut Dr. Tanaka Dune, seorang asisten profesor di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian, tidak ada bukti ilmiah antara infeksi saluran kemih dan apakah buang air kecil sebelum atau setelah berhubungan penting dilakukan.

  • Pertama, harus memahami bagaimana bisa tertular infeksi saluran kemih. Terjadi karena infeksi yang menaik, di mana bakteri dari daerah anal dan / atau vagina naik ke uretra, dan masuk ke kandung kemih, kata Dr. Dune. Oleh karena itu, sudah menjadi kepercayaan umum bahwa buang air kecil setelah berhubungan seks akan mengeluarkan bakteri dan mencegahnya berpindah ke kandung kemih. Namun, Dr. Dune mengatakan bahwa keyakinan ini tidak 100 persen didukung oleh sains.
  • Kedua, penting tidak untuk buang air kecil setelah berhubungan? Jawaban ilmiahnya adalah tidak, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukannya. Namun, Dr. Dune mengatakan ada beberapa wanita yang merasakan keinginan untuk buang air kecil setelah berhubungan seks dan perlu melakukannya, sementara ada wanita lain yang dapat dengan nyaman tertidur atau melanjutkan aktivitas apapun setelah berhubungan seks, tanpa buang air kecil.
Tapi haruskah tetap buang air kecil setelah berhubungan seks?
 
"Aku memberi tahu pasienku untuk melakukan apa yang nyaman," kata Dr. Dune. "Praktikkan kebiasaan kebersihan yang baik secara umum setelah hubungan seksual. Dan kemudian jika ada sesuatu yang muncul yang dirasa salah atau ingin diperiksa, temui doktermu." Dengan demikian, Dr. Dune mengatakan tidak ada salahnya untuk buang air kecil setelah berhubungan. "Sebagai penyedia layanan kesehatan, kami melakukan yang terbaik untuk mempertimbangkan hal-hal yang paling masuk akal, meskipun kami tidak memiliki bukti untuk mereka," katanya.

"Jika melakukan hubungan seksual, ada banyak sekresi, sehingga bakteri bergerak dan naik ke uretra dan ke kandung kemih," tambahnya. Jika merasa tidak nyaman, dia menyarankan untuk mencoba buang air kecil. Tetapi jika tidak, infeksi saluran kemih tidak akan terjadi.
 
 
Apa kebiasaan kebersihan yang baik yang harus diingat?

Meskipun penting untuk melakukan apa yang nyaman apapun yang terjadi, Dr. Dune merekomendasikan praktik kebersihan yang baik secara umum untuk mencegah infeksi saluran kemih. Ingat, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa menularkan infeksi saluran kemih, bersihkan dari depan ke belakang, ganti pembalutmu sesering mungkin, dan cuci tanganmu sebelum kontak fisik di sekitar uretra atau area vagina.

Oleh: Monica Horezki

Sumber:
Kim, Yerin. 2019. Why Pee after Sex. Retrieved from https://www.seventeen.com/health/sex-health/a28540043/why-pee-after-sex/
 
Pasick, Luke J. 2020. Sex Bias in Women Health. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0892199720302381

Comments

Popular Posts