KAMU MENGAGUMKAN KOK!

- artikel ini merupakan pengalaman berharga penulis dalam menyusun skripsi -

Karena gabut memiliki banyak waktu luang, jadi aku memutuskan untuk menonton ulang film Wonder. Film ini juga menjadi pembahasan pada penulisan skripsi sarjana komunikasiku. Judul skripsiku adalah "BAGAIMANA MEDIA KHUSUSNYA FILM MENGANGKAT ORANG DENGAN KONDISI LANGKA PADA WONDER YANG DIRILIS TAHUN 2017 DI AMERIKA" Sebelumnya, aku memang suka menonton film dan karena aku memiliki penyakit langka maka aku tertarik untuk membahasnya lebih lanjut. 

Aku pernah memilih film Midnight Sun untuk dibahas namun dosen pembimbingku menganjurkan film Wonder sebab film Midnight Sun mengandung banyak unsur romantis dibanding perjuangan hidup. Penelitianku merupakan penelitian kualitatif sehingga aku menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) dan wawancara. 

Spoiler alert!

Sinopsis

Film tentang seorang bocah laki-laki yang selalu memakai topeng astronot karena wajahnya yang tidak biasa, ini adalah sindrom Treacher Collins. Film dengan genre drama keluarga ini memang menyampaikan banyak pesan mendalam, untuk semua anggota keluarga. Anak tersebut mau tak mau harus berbaur di lingkungan sekolahnya dan membuktikan bahwa ia layaknya manusia biasa.

Tentang Treacher Collins 

Sindrom Treacher Collins adalah kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pertumbuhan tulang dan jaringan pada wajah. Anak yang menderita sindrom Treacher Collins bisa mengalami beragam gejala, mulai dari rambut alis yang tumbuh lebih sedikit, pertumbuhan telinga yang tidak sempurna atau tidak ada, sampai rahang dan dagu yang tumbuh lebih kecil. Dalam beberapa kasus, tindak operasi  dibutuhkan.

Beberapa pesan menarik

  • Penampilan bukan segalanya. Ini jelas menjadi pesan utama di filmnya, karena Auggie, sebagai karakter utama, memang memiliki penampilan yang dianggap aneh oleh orang sekitarnya. Padahal ia adalah anak biasa seperti lainnya, yang sangat tertarik dengan keilmuan sains. 
  • Usahakan untuk selalu berbuat baik. Pesan ini disampaikan oleh seorang guru di kelas baru Auggie di awal-awal filmnya. Hidup ini memang akan menghadapkanmu dengan banyak pilihan. Ketika kita dihadapkan dengan pilihan berat, memang sebaiknya kita mengambil pilihan yang berujung pada kebaikan.
  • Kamu nahkoda hidupmu. Diceritakan kakak perempuan Auggie harus kehilangan sahabatnya sampai ia sulit untuk melanjutkan hidupnya. Terlalu bergantung pada orang lain hanya akan menambah risiko sakit hati yang lebih besar. Setiap orang akan ada kemungkinan berubah sepanjang hidupnya dan itu gak bisa kamu duga. Pada sebagian besar urusan di hidup ini, kita memang harus mampu melakukannya secara mandiri.
  • Jangan egois. Seperti pesan di atas, kepada Auggie ketika adiknya baru saja dikhianati oleh teman dekatnya, sementara kakaknya merasakan hal yang sama. Kita gak bisa terus meratapi kesedihan diri sendiri dan berharap akan ada solusi. Seringkali solusi itu ada justru ketika kita memutuskan untuk peduli pada orang lain, bahkan saat kita sendiri sedang berada di tengah masalah
  • Memaafkan itu indah. Apalagi jika permintaan maaf sudah diutarakan. Dengan menerima permintaan maaf, kamu akan membuka kesempatan pada hubungan yang jauh lebih erat. Karena kali ini kalian akan lebih saling menjaga diri, agar gak mengulangi kesalahan yang sama.

Beberapa pesan lain yang disampaikan melalui film ini adalah terima dan syukuri apa yang ada, serta jangan takut bermimpi setinggi-tingginya. Dengan sikap yang positif, maka hal-hal positif juga akan tertarik mendekat kepada kita.

Simak trailer berikut

Oleh: Monica Horezki

Sumber:
Horezki, Monica. 2019. The Portrayal of Rare Disease in the case of Wonder (USA-2017). Retrieved from http://library.sgu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=32633&keywords=monica+horezki
 
Pane, dr. Merry Dame Cristi. 2020.  Treachers Collins Syndrome.. Retrieved from https://www.alodokter.com/sindrom-treacher-collins

Comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts