SERING KELELAHAN SAAT MENSTRUASI?

Sebelum menstruasi datang, kita kerap mengalami sejumlah keluhan seperti kram perut, mual, sakit kepala, kembung, jerawat, hingga kelelahan. Di antara beberapa keluhan itu, lelah menjadi salah satu hal yang paling menghalangi aktivitas.

Penyebab kelelahan

Rupanya, kelelahan terjadi karena tubuh mengira kita sedang bersiap mengandung bayi, dan terjadilah peningkatan proses hormon. Hal ini akan tetap terjadi walaupun kita belum menikah atau aktif secara seksual. Hormon progesteron mencapai puncaknya sekitar hari ke 21 dari siklus menstruasi, jadi seperti jika kita pertama kali hamil dan hormon progesteron sangat tinggi, akibatnya kita benar-benar tidak nafsu makan sehingga memperlambat aktivitas, dan pada beberapa wanita menjadi sangat lelah. Sebelum menstruasi, kadar hormon progesteron tidak akan setinggi saat sedang hamil, tetapi ada pada level 6-8 dari skala 10.

Namun, jika kita menyadari kelelahan berlangsung lebih lama atau lebih intens, ada baiknya untuk pergi ke dokter, sebab biasanya ketika menstruasi yang umumnya terjadi di sekitar hari ke-28, tubuh akan kembali merasa lebih baik. Naik-turunnya kadar hormon bisa menyebabkan gangguan tidur dan ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat tubuh menjadi semakin lemas.

Karena hal ini normal serta alamiah dan tak bisa dihindari, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekannya.

  • Jauhi kafein. Tingkat kafein yang lebih tinggi dapat memperburuk nyeri payudara atau nyeri seperti tertekan yang biasa dialami menjelang datang bulan, terutama jika kita memiliki kondisi payudara fibrokistik, yakni, jaringan yang terasa kenyal atau seperti kumpulan tali, nyeri akan semakin terasa sebelum menstruasi. Selain itu, jangan meminum minuman berenergi, karena mengandung kadar gula yang banyak.
  • Ubah pola makan. Bisa coba untuk makan-makanan yang lebih sehat, ingat sehat belum tentu tidak enak.
  • Ganti metode olahraga. Ubah sedikit pilihan olahraga dan jangan lakukan latihan intensitas tinggi, mungkin bisa diganti dengan melakukan peregangan. Tetapi tetap mendengarkan tubuh kita.
  • Tidur siang. Kelelahan menjelang menstruasi bisa membuat kita sangat enggak bersemangat atau memiliki tenaga untuk melakukan apapun. Salah satu saran baik yang dapat dicoba adalah tidur siang untuk mendatangkan rasa rileks. Tidak perlu terlalu lama nanti malam akan sulit tidur.

Dengan cara cara di atas, kita bisa bersiap untuk mengubah gaya hidup, pola makan, dan olahraga untuk mengurangi kelelahan sebelum menstruasi.

Oleh: Monica Horezki

Sumber:

Sari, Amara. 2018. Menstruasi dan Lelah. Retrieved from https://cewekbanget.grid.id/read/062452791/merasa-lelah-menjelang-menstruasi-atasi-dengan-5-cara-berikut-inil

Harris, L. 2019. Period Pain. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0007091218307724

 

Comments

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts