AIR PANAS ATAU DINGIN YA? DILEMA CUCI MUKA NIH!

 

Saat ini, pembersihan wajah telah menjadi kebiasaan rutin perawatan kulit di pagi dan malam hari. Cukup aplikasikan produk pembersih wajah, lalu keringkan dengan handuk, dan kamu pun siap untuk melanjukan ke langkah selanjutnya. Namun, apakah kamu ingat kapan terakhir kali kamu membersihkan kulit wajah dengan hati-hati? Dengan mempertimbangkan semua hal mulai dari jumlah produk yang kamu terapkan hingga suhu air yang kamu gunakan? 

Meskipun mungkin terasa nyaman di kamar mandi, mencuci wajah dengan air panas yang mengepul dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulitmu. Namun, sebelum kamu memutar kembali tombol dan menggunakan air dingin yang beku, ketahuilah bahwa ini juga bisa menimbulkan beberapa masalah.

Air Panas

Ketika suhu air dalam keadaan panas, kulit kamu akan langsung merasakan kering hingga bisa menyebabkan masalah pada fungsi pelindung kulit kamu. Coba pikirkan, kulit sebagai dinding pelindung yang mencegah benda-benda di lingkungan masuk ke dalam (seperti bahan kimia, racun, dan polusi), serta menjaga apa yang seharusnya tetap di dalam agar tidak keluar contohnya kelembapan dan hidrasi wajah. 

Jika kulit kamu yang terlanjur kering, maka air panas bisa memperparah kekeringan dan berujung pada kerusakan hingga menyebabkan ilusi lebih banyak kerutan, serta membuatnya tampak memerah. Hal ini dikarenakan pembuluh darah membesar dan dapat meningkatkan sensitivitas kulit.

Air Dingin

Lalu, apakah air dingin adalah yang terbaik? Tidak juga! Tidak seperti air panas, yang menyebabkan pembuluh darah membesar, air dingin justru sebaliknya. Semakin dingin suhu air, semakin banyak vasokonstriksi yang tejadi yaitu, penyempitan pembuluh darah pada kulit kamu. Ini adalah respon otomatis kulit kamu dalam upayanya membantu mengatur keseimbangan suhu. Ketika kamu terkena air dingin, pembuluh darah mengerut dalam upayanya untuk menahan panas sebanyak mungkin. Jadi, meskipun air dingin tidak serta merta menyebabkan kerusakan pada kulit kamu, namun bisa jadi suhunya yang terlalu ekstrem akhirnya justru membuat kamu merasa nyaman.

Sebenarnya..

Yang perlu diperhatikan adalah pentingnya cara pembersihan dan tekniknya sebagai bagian ritual perawatan wajah kamu. Mencuci muka setiap malam adalah wajib, karena untuk memastikan semua kotoran, termasuk minyak, polusi, makeup, dan paparan sinar matahari terangkat. Terutama jika kamu menggunakan riasan selama seharian penuh, pastikan kulit kamu benar-benar dalam keadaan bersih, ya, sebelum kamu tidur! Gunakan produk pembersih wajah yang tepat sesuai dengan jenis kulit kamu, lalu dengan tekanan lembut (tidak terlalu keras), lakukan gerakan melingkar untuk membersihkan wajah selama 30 hingga 60 detik. Jika kamu lebih suka menggunakan foundation, gunakan susu pembersih sebelumnya untuk memastikan agar semua kotoran terangkat secara maksimal setiap sisa produk yang tersisa dari kulit. Kemudian, tepuk kulitmu dengan handuk (jangan menggosoknya). Karena menggosoknya dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit kehilangan elastisitas, terutama di sekitar mata. Terakhir, pastikan kamu juga menggunakan handuk bersih. Gantilah handuk secara berkala, karena handuk yang kotor, atau yang telah diletakkan di kamar mandi selama beberapa hari bisa menjadi cara penularan bakteri ke wajahmu. 

Setelah mengetahui bahwa keduanya sama-sama memberikan manfaat, kamu tetap harus membersihkan wajah dengan cara yang benar juga.

  • Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol. Alkohol membuat kulit kering.
  • Basahi wajah dengan air hangat sambil pijat lembut wajah.
  • Gunakan pembersih wajah secukupnya, kira-kira seukuran kacang polong jika berbentuk padat.
  • Gosok lebih dulu pembersih dengan telapak tangan kemudian usapkan ke wajah.
  • Jangan menggosoknya, pijatlah dengan lembut dan perlahan.
  • Bilas kembali dengan air hangat, kemudian keringkan kulit wajah dengan menepuk-nepukkan handuk lembut.
  • Lanjutkan dengan mengoleskan pelembap agar kulit tidak kering

Oleh: Monica Horezki

Sumber:

Firdaus, dr. Yusra. 2019. Lebih Baik Mana? Retrieved from https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cuci-muka-dengan-air-hangat-dingin/

Comments

Popular Posts