TERJEBAK ANTARA HOAX 'TAMU BULANAN' WANITA


Pasti sering kan mendengar mitos yang beredar baik itu masuk akal, konyol atau yang paling gak logis sekalipun. 
"Siklus menstruasi perempuan normal adalah sebulan sekali tapi aku 2 bulan sekali? 
Jangan-jangan aku hamil.
Kalau menstruasi kamu jangan minum soda terus gak boleh keramas 
sama nggak boleh berenang deh!"

Mitos #1 Tidak boleh berenang saat menstruasi

“Ibu dan nenek kita mungkin mendengar hal ini dari orang tua mereka,” ujar Nina Resetkova, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis fertilitas di Boston IVF dan Beth Israel Deaconess Medical Center. “Di masa lalu, para perempuan diberitahu untuk beristirahat selama masa menstruasi dan berolahraga dapat memperburuk nyeri haid hingga menimbulkan pendarahan.”
 
Musim panas memang musim yang sangat baik untuk berenang. Sementara beberapa orang banyak mengatakan bahwa tidak sehat untuk pergi ke kolam selama menstruasi (darah menstruasi kotor), kenyataannya sebenarnya lebih kecil kemungkinannya untuk mengeluarkan darah sama sekali saat kita berada di dalam air. "Tekanan dalam air dapat menghentikan aliran menstruasi memasuki air," kata Jessica Shepherd, M.D., MBA. "Jika tidak mempercayainya, ujilah sendiri di bak mandi."


Mitos #2 Kalau sedang menstruasi, berhubungan seks diluar nikah tidak akan hamil

Satu hal penting yang perlu kamu ingat: Tidak semua darah yang dikeluarkan dari vagina merupakan darah menstruasi, terang Ering Dawson-Chalat, MD, seorang dokter kandungan dari Scarborough, Maine. Kamu bisa saja mengalami spotting (keluar sedikit darah dari vagina) dan berpikir itu adalah bagian dari fase haid, padahal sebenarnya bukan. Bercak darah tersebut juga bisa pertanda bahwa kamu tengah mendekati fase ovulasi dan berhubungan seks di fase ini meningkatkan potensi yang besar bagi kamu untuk mengalami kehamilan.
 
Kenyataannya tidak, jangan percaya kalau saat menstruasi dinding ovarium akan luluh jadi tidak bisa memproduksi sel telur. Sperma akan tinggal 5 hari dalam vagina 

Mitos #3 Pantang berolahraga selama menstruasi

"Duh perut sakit, mager ah!" Riset menunjukkan bahwa olahraga ringan kayak jogging kecil atau lompat tali bisa mengurangi gejala PMS. Gejala PMS atau premenstrual syndrome terjadi karena hormon progesteron berada di titik tertinggi sedangkan hormon esterogen berada di titik terendah makanya kita sering merasa tidak berenergi.

Mitos #4 Kalau minum minuman bersoda, akan memperlancar darah menstruasi

Konsumsi minuman bersoda memang tak dianjurkan saat sedang menstruasi. Menurut laman Klik Dokter, minuman bersoda dapat menyebabkan masalah kesuburan di waktu yang akan datang. 

Mitos #5 Tak perlu ganti pembalut, karena aku pakai pembalut yang lebar!

Banyak remaja yang sering melakukan ini, jarang mengganti pembalut hanya akan memicu timbulnya jamur dan bakteri jahat di area vagina. Tidak mau bukan, diintai sama penyakit-penyakit organ reproduksi yang berbahaya dan pastinya bikin tidak nyaman!

 
Mitos #6 Mendapat menstruasi setiap bulan, itu artinya kamu subur

Pengalaman pribadi: "Dua tahun yang lalu, aku mengunjungi dokter kandungan karena jadwal menstruasiku yang 2-3 bulan sekali, aku kira itu tidak normal karena aku pernah mendengar mitos itu dari tetanggaku. Akhirnya, aku diresepkan obat hormon dan sudah setahunan aku tidak mengonsumsinya lagi dan jadwal menstruasiku tetap 2-3 bulan. Ternyata, itu normal kok!"
 
Siklus menstruasi  memang menjadi salah satu indikator kuat dari kesuburan seorang perempuan. Yang mana artinya jika kamu mengalami menstruasi bulanan maka tubuhmu juga ikut berovulasi (ini menjadi sebuah kunci untuk menuju kehamilan). Tetapi faktor penentu suatu kesuburan lebih dari itu! "Ada beberapa hal yang memengaruhinya seperti: kualitas sel telur yang sehat dan tingkat stres seseorang," tukas Sheeva Talebian, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi, sebuah klinik fertilitas di New York.
 
 
Oleh: Monica Horezki 

Sumber:
Mumford, Sunni. 2012. Menstrual Bleeding Among Regularly Menstruating Women. Retrieved from https://www.researchgate.net/_Menstrual_Bleeding_Patterns_Among_Regularly_Menstruating_Women
 
Rasnaya, dr. M. Dejandra. 2020. Mitos dan Fakta Menstruasi. Retrieved from https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2839457/mitos-dan-fakta-soal-haid-yang-harus-anda-tahu

Comments

Popular Posts